Kamis, 23 Juni 2011

Cloning Komputer dengan Norton Ghost 14.

Cloning Komputer dengan Norton Ghost 14.

Pada suatu waktu saya mendapati 48 unit komputer di laboratorium saya sudah tak bersahabat, dan saya ingin update software dengan versi yang lebih baru. Untuk memformat dan menginstal komputer satu per satu plus dengan semua software lengkap untuk praktikum dan saya hanya memiliki waktu 3 hari kerja untuk melakukannya.
Hal yang ingin saya lakukan adalah membuat master komputer, yaitu install windows XP SP2 original Lisensi (Campus Agreement) dan semua software-softwarenya. Terakhir yang dilakukan adalah instal Norton Ghost 14. Setelah itu matikan komputer. Langkah-langkah untuk meng-cloning adalah sebagai berikut:
1. tambahkan harddisk yang akan dikloning.
2. Setelah nyalakan lagi komputernya,
3. Jalankan RUN diskmgmt.msc
4. jika harddisk yang bukan System ada partisinya, lakukan delete saja hingga harddisk tujuan kosong (Unlocated)
5 jalankan Norton Ghost 14,
6. Masuk ke dalam menu Copy Drive.
7. Setelah itu pilih drive yang akan dicopy, lalu pilih hraddisk tujuan (nb perhatikan nomor harddisk, jika system berada pada disk 1, maka tujuan harus pada disk yang 2 atau yg lain).
8. lalu pada konfigurasi terakhir, pilih option dengan set drive for OS dan set active.
9. Lalu mulai meng-copy.

Jalankan hingga semua harddisk terlahir kembali…

Untuk jenis motherboard yang berbeda, harus diperhatikan jenis chipsetnya. Jika jenis chipset komputer master berbeda dengan chipset pada komputer tujuan, maka windos xp tidak bisa berjalan, dan muncul blue screen.
Meskipun berbeda merk mobonya, jika chipsetnya sama-sama dari satu pabrik, windows masih bisa berjalan, tetapi masih perlu instal driver yang masih belum terinstal.

Cara ini juga dapat dilakukan ketika anda membeli harddisk baru, dan anda tidak ingin install ulang ke dalam harddisk tersebut. Anda cukup cloning saja dengan cara di atas, hanya saja anda harus membuat partisi untuk system sesuai ukuran yang anda inginkan. ukuran partisi boleh berbeda dengan ukuran partisi drive masternya.

Terima Kasih, semoga bermanfaat. Maaf jika bahasanya kurang familiar, memang saya buat agar anda tidak tergantung dari tulisan saya. Anda bisa mengembangkan sendiri dari cara saya tersebut, karena tulisan saya ini hanya merupakan acuan langkah-langkahnya saja, dan bukan sebagai manual book.